Makanan Untuk Ibu Hamil Setiap Trimester

Menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) kehamilan adalah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma, lalu keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh. Kehamilan merupakan masa-masa di mana seorang wanita (ibu) harus memperhatikan kondisi tubuhnya dalam berbagai aspek,salah satunya dari segi kesehatan makanan. Makanan yang bergizi sangat penting untuk ibu hamil, karena makanan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi. Oleh sebab itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, artinya konsumsi makanan dan minuman bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk aktivitas sehari-hari secara seimbang, seimbang dalam arti yang sesuai dengan jumlah kebutuhan ibu hamil.

Secara umum, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 55% sumber kalori dari karbohidrat, 35% kalori dari lemak tak jenuh, dan 10% kalori dari protein. Di samping itu makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C, folat, magnesium, selenium, dan seng. Semua kandungan gizi ini dapat ditemukan baik dalam produk segar maupun suplemen terdaftar BPOM.

Sebenarnya ibu hamil dianjurkan mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi agar mendapatkan keuntungan dari setiap jenis makanan tersebut. Namun ternyata, setiap trimester kehamilan, perkembangan janin di dalam tubuh ibu berkembang dalam tahapan yang berbeda sehingga membutuhkan fokus asupan yang berbeda.

1. Trimester I

Pada trimester pertama ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat berfungsi untuk pembentukan sel-sel dalam proses pembentukan janin. Asam folat juga berfungsi untuk mengurangi risiko anemia yang sering terjadi pada ibu dan pertumbuhan jaringan sel bayi. Asam folat ini bisa di dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti pisang, apel, bayam, brokoli, kacang hijau, kacang kedelai. Asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen yang sudah banyak tersebar di pasaran, namun penggunaan suplemen ini harus di bawah pengawasan dokter.

2. Trimester II

Trimester kedua ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin dan vitamin D. Makanan yang mengandung kolin berfungsi untuk perkembangan otak anak dan vitamin D berfungsi untuk pembentukan tulang bayi. Makanan yang mengandung kolin adalah kuning telur, brokoli, susu, kedelai, dan daging sapi. Dan makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan tuna, ikan salmon, dan minyak ikan kod.

3.Trimester III

Pada trimester ketiga ibu harus lebih memperhatikan kondisi tubuh dan janin. Hal ini dikarenakan ibu akan banyak membutuhkan tenaga yang akan dipersiapkan menjelang persalinan. Makanan yang dibutuhkan seperti buah, sayur, daging, ikan, dan makanan yang mengandung karbohidrat.

Jadi sekarang kita telah mengetahui makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di tiap trimesternya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan panduan selama masa kehamilan agar ibu dan bayi senantiasa sehat dan perkembangannya optimal!

Sumber:
  • http://www.cara-menghilangkanjerawat.com/2015/02/pengertian-kehamilan-menurut-para-ahli.html
  • http://www.kopi-ireng.com/2015/01/definisi-dan-pengertian-kehamilan.html
  • http://dedaunan.com/menu-makanan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama/
  • http://kesehatanaz.com/rekomendasi-makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama/
  • http://bidanku.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-trimester-ke-3
  • https://id.theasianparent.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-7-9-bulan/
  • http://manjilala.info/pesan-gizi-seimbang-pada-odha/

Get to Know Us!