Pilihan Beras Lebih Sehat

Nasi telah menjadi bahan pokok dan sumber karbohidrat bagi orang Indonesia. Makan pagi, siang, atau malam selalu ada nasi. Makan mie belum lengkap kalau tidak tambah nasi. Makan roti belum kenyang, harus dengan nasi juga. Bahkan bagi orang Indonesia, belum makan namanya kalau belum makan nasi. Sayangnya, konsumsi nasi putih dalam jumlah besar ternyata berbahaya! Apa sih bahaya mengonsumsi nasi putih? Lalu bagaimana solusinya karena kita tentu tidak dapat lepas dari nasi? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Nasi putih memang memiliki citarasa yang digemari banyak orang serta mudah dipadupadankan dengan penganan lain. Namun, nasi putih tergolong sangat mudah membuat gula darah naik karena memiliki glycemic index yang tinggi, yakni berkisar di angka 801. Glycemic index yang tinggi membuat gula darah mudah melesat naik sesaat setelah Anda mengonsumsi nasi putih. Hasilnya, kadar gula darah penderita diabetes dapat meningkat tajam. Bahkan tidak jarang, dokter gizi klinik membatasi konsumsi nasi putih bagi diabetesi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sedikitnya 5 porsi nasi putih dalam seminggu berakibat pada peningkatan resiko diabetes tipe 2.

Tahukah Anda, ada alternatif nasi putih bagi para penderita diabetes sebagai sumber karbohidrat. Tidak semua nasi harus dihindari diabetesi, contohnya nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan serat, mineral, dan antioksidan yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi putih. Lebih hebatnya lagi, nasi merah memiliki nilai indeks glikemik kurang dari 50 yang artinya tergolong memiliki glycemic index yang rendah. Hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Faktanya, kandungan serat beras merah 6x lebih tinggi dari beras biasa. Beras biasa mengalami proses penggilingan yang menyebabkan hilangnya sebagian besar serat serta vitamin dan mineral. Padahal, serat dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah. Karena kandungan seratnya yang tinggi itulah nasi merah tidak meningkatkan gula darah secara drastis bahkan substitusi sepertiga porsi nasi putih dengan nasi merah pun dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 16%2. Selain itu, tingginya kandungan serat pada beras merah bisa membuat Anda kenyang lebih lama, jadi bisa membantu mengontrol nafsu makan Anda.

Selain unggul dalam kandungan serat, nasi merah pun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Sebagai contoh, beras merah kaya akan vitamin B, magnesium, dan zat besi yang diperlukan tubuh3. Meskipun banyak manfaat kesehatan, beras merah kurang diminati masyarakat karena teksturnya yang kesat dan tidak pulen. Jangan kuatir, sekarang sudah ada Tropicana Slim Beras Merah Organik! Selain ditanam secara organik dan tanpa penambahan bahan kimia, beras merah ini juga lebih pulen dan enak daripada beras merah pada umumnya. Cara masaknya pun praktis, Anda hanya perlu memasak dengan perbandingan 1 cup beras merah dan 2 cup air. Jadi tak perlu ragu untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih sehat. Hidup sehat bisa tetap menyenangkan!

Sumber:

Get to Know Us!